3 Cara Menumbuhkan Minat Membaca Pada Anak

Jika anak Anda menunjukkan sedikit minat membaca, ini  ada harapan. Terkadang orang tua harus punya cara untuk mengubah anak yang tidak memiliki minat sama sekali menjadi memiliki minat membaca.

 

  1. Trik Waktu Tidur Dini.

Salah satu cara untuk membuat anak-anak agar membaca adalah sesuatu yang semoga tidak akan mereka ketahui sampai mereka memiliki dua kata “Tidur Dini”.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana peningkatan tidur dapat membantu anak Anda menghabiskan lebih banyak waktu membaca. Nah, inilah triknya. Atur waktu tidur mereka selama 45 menit hingga satu jam sebelum mematikan lampu.

Biasanya rutinitas sebelum tidur. Anak-anak menyikat gigi di kamar mandi. Kemudian kita membacakan mereka cerita atau dongeng. Semua ini dilakukan sebelum waktu tidur biasanya. Kemudian, kita hanya memberi mereka pilihan. “Sekarang waktunya tidur. Mau langsung matikan lampu atau mau membaca dulu sebentar?”

Kecuali mereka benar-benar lelah, mereka akan selalu memilih untuk membaca untuk sementara waktu. Kita tidak perlu meminta atau mengakali mereka untuk membaca. Bahkan, mereka pikir itu ide mereka dan telah tumbuh untuk mencintai kesempatan mereka untuk “Tidur Dini”. Kemudian kita tidak perlu lagi mencoba membimbing mereka dengan cara apa pun, kita juga tidak perlu membantu mereka memilih buku.

 

BACA JUGA:  6 Kebiasaan Yang Dapat meningkatkan Imun Anak

Ini adalah waktu mereka. Mereka dapat memilih buku apa saja yang mereka suka  dan melihatnya sesuka mereka sampai kita datang untuk mencium mereka selamat malam dan mematikan lampu. Tentu saja, jika mereka ingin kita tetap tinggal dan mendengarkan saat mereka membaca, kita tentu akan dengan senang hati menurutinya. Cobalah!

 

  1. Hadiah membaca saat liburan sekolah.

Saat musim liburan sekolah  biasanya saat-saat menyenangkan bagi anak, tentu kita bisa membuat suasana yang menyenangkan dirumah .Kita bisa membuat permainan di rumah dengan hadiah untuk membaca buku. Kita dapat menggunakan papan untuk memungkinkan anak Anda bergerak satu ruang per buku yang mereka baca. Atau, jika ingin lebih menyenangkan, lempar dadu setiap kali anak membaca buku dan siapkan hadiah untuk poin tertentu.

 

Pastikan hadiahnya adalah sesuatu yang sangat diinginkan. Jika anak Anda lebih menghargai waktu bersama Anda daripada mainan, maka tetapkan tanggal bersama melakukan hal favoritnya. Jika dia menghargai mainan tertentu, biarkan dia mendapatkannya. Atau biarkan dia mendapatkan kesempatan untuk keluar rutinitasnya. Bawa dia ke restoran favoritnya, atau pergi ke tempat hiburan idamannya. Bersenang-senanglah dengannya.

 

  1. Baca bukunya sebelum  menonton film.

Ini bisa dijadikan standar di rumah. Kita jangan dulu menonton film apa pun sampai kita membaca bukunya. Apakah kita orang tua membacakan buku untuk anak-anak atau mereka membacanya sendiri, setiap anggota keluarga dapat  menonton film setelah buku itu dibaca. Misalnya sebelum anak kita anak kita melihat film Laskar Pelangi, film Edensor, film Harry Potter berikutnya, atau film Chronicles of Narnia berikutnya, mereka harus membaca bukunya terlebih dahulu.

Itu dia. Tiga cara mudah untuk mengubah anak Anda menjadi pembaca seumur hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *